nusakini.com - Pelatih Jerman, Joachim Low mengaku tidak setuju dengan usul Marco Van Basten tentang penghapusan aturan offside, dengan mengatakan bahwa sepakbola tanpa offside tidak masuk akal.

Legenda Jerman, Oliver Bierhoff mendukung direktur teknis FIFA, Marco van Basten, tentang penghapusan aturan offside yang bisa membuat permainan menjadi lebih menarik, dan mantan striker Jerman dan AC Milan itu mengusulkan masa percobaan untuk menguji efek dari perubahan peraturan itu. 

Namun Low, yang bekerja bersama Bierhoff untuk tim nasional Jerman, menolak gagasan tersebut dan mengatakan bahwa penghapusan aturan offside bisa merampas permainan taktikal yang selama ini berjalan di sepakbola. 

Ketika ditanya bagaimana dia akan menghadapi permainan tanpa aturan offside, Low mengatakan kepada SportBild: “Saya akan meninggalkan dua pemain di area penalti lawan dan lawan mungkin akan melakukan hal yang sama.”

“Hasilnya, ruang di lini tengah menjadi besar, sepakbola menjadi semacam pertandingan bola tangan, dan tim akan mulai melakukan serangan dengan bola panjang dari area lapangan mereka sendiri,” lanjut Low.

“Penghapusan aturan offside benar-benar akan mengubah sepak bola yang sudah berjalan saat ini, yaitu sepak bola yang sangat menarik, penuh dengan taktik,” tambahnya. 

Namun Low mendukung percobaan pergantian pemain keempat di Piala FA musim ini, dan ia juga mengatakan bahwa aturan soal sanksi sementara di tengah pertandingan bisa membawa manfaat yang positif. 

“Jika seseorang melakukan pelanggaran taktis, maka ia bisa dikenai sanksi dengan hukuman 10 menit, bukan kartu kuning, sehingga tim yang terkena dampak pelanggaran itu masih bisa memiliki keuntungan dalam pertandingan,” pungkasnya. (sb/om)